Wednesday, December 7, 2011

GUNUNG PENANGGUNGAN, GUNUNG YANG UNIK DI JAWA TIMUR


Gunung Penanggungan

Nov 3, 2011 by     No Comments    Posted under: Gunung


>Gunung Penanggungan (ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Disekeliling gunung penanggungan terdapat  bukit-bukit disekitarnya yaitu, Bukit Bekel (1238 m), Gajah Mungkur (1084 m), Sarah Klopo (1235 m), dan Kemuncup (1238 m).
Letak gunung penanggungan berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berjarak kurang lebih 25 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.
Catatan tentang gunung penanggungan dari blog http://alifiasuharto.blogspot.com/
Tampak hampir tidak ada yang istimewa kalau kita melihat gunung ini seperti tampak dalam photo disamping. Tak ubahnya gunung-gunung yang lain yang ada di negeri kita Indonesia ini atau bahkan dikawasan asia tenggara. Tapi kalau kita benar-benar mengamati ada keunikan tersendiri dari gunung ini yaitu bentuknya yang hampir kerucut sempurna bagaikan nasi tumpeng.
Bila kita menempuh perjalanan dari Surabaya ke Malang maupun ke Pasuruhan, Probolinggo hingga Bali , apabila cuaca tidak berkabut bila telah sampai dkawasan Porong , anda akan langsung dapat melihat gunung ini disebelah kanan anda dan akan terus menemani anda hingga Pandaan bila anda menuju ke arah Malang dan hingga Pasuruhan apabila anda menuju ka arah Probolinggo. Dan apabila kita amati terus menerus selama perjalanan anda bentuk gunung tersebut hampir tidak akan berubah. Padahal apabila anda masih berada di Sidoarjo ataupun Porong posisi anda berada disebelah Utara dari gunung ini dan bila anda sampai di jalan raya Gempol arah ke Pandaan untuk anda yang mau ke Malang dan Gempol arah ke Pasuruhan maka posisi anda sudah berada di sebelah Timur dari gunung ini.
Dan apabila anda berada di kawasan Trawas, Mojokerto anda sudah berada di sebelah Selatan dari gunung ini (seperti yang tampak pada Photo diatas yang diambil dari Grand Trawas Hotel). Dan apabila anda berada di kota Mojokerto anda telah berada di sebelah Barat dari gunung tersebut.

No comments:

Post a Comment