Friday, April 26, 2019

TUDUHAN VS INTROPEKSI

"Ya Allah, berikanlah aku kemenangan dalam tender proyek ini.." begitu doa seorang pengusaha..

Ternyata pengusaha tersebut kalah tender..

Kemudian pengusaha itu berdoa "Ya Allah, aku kalah tender karena pesaingku curang.."

Bagaimana pendepat anda ttg "Jalan Fikiran" si pengusaha itu..?

Benarkah jika Allah memang hendak  mengijabah doa pengusaha itu, maka kehendak Allah bisa dikalahkan dengan kecurangan orang lain..?

Atau.. Apakah jika Allah memang hendak mengijabah doa pengusaha itu, apakah Allah tidak berkuasa menghentikan kecurangan orang lain dan menolong pengusaha itu..?
------

Ada kisah seorang yg selama 50 tahun beribadah lalu ketika di hisab ia justru dimasukkan ke neraka..

Bagaimana menurutmu jika org itu kemudian berkata "Ya Allah, mengapa engkau curangi perhitungan ibadahku..?"

Apakah alasan org itu logis atau egois..?
------

Rasulullah juga pernah mengalami kekalahan pada perang Uhud.. bahkan Rasulullah berdarah2..

Rupanya Allah memberikan kekalahan itu sebagai pelajaran bagi kaum muslimin agar kedepan lebih kuat, teratur, disiplin dan solid..

Rasulullah juga berdoa dan berupaya keras agar dapat memenangi perang uhud.. Tetapi ketika beliau kalah, beliau tidak protes dan mengeluh "YA ALLAH KAUM MUSYRIKIN ITU MENCURANGI KAMI SEHINGGA KAMI JADI KALAH.."

Yang dilakukan Rasulullah adalah tetap ikhlas dan "INTROSPEKSI" atas kekalahan kaum muslimin.. Dimana ternyata kekalahan tersebut justru karena ulah kaum muslim sendiri.. bukan karena kuatnya pihak lawan atau bukan pula karena kecurangan..
-----

Di Indonesia yg telah melaksanakan pemilu, bagi kontestan yg kalah sebaiknya yg pertama kali dilakukan bukanlah "MENCARI KAMBING HITAM".. langkah yg terbaik pertama adalah  "INTROSPEKSI DIRI" (Muhasabah)..

Bisa jadi kekalahan itu justru terjadi karena orang2 yg berada disekelilingnya adalah orang2 yang lebih banyak SOMBONG, PONGAH, TAKABUR, LICIK, KASAR, HOAX, TIDAK MURNI, MUNAFIK, Dsb... Sehingga Allah tidak meridhai dan memberi kekalahan..
-----

Al-Quran yang mulia telah memberikan rumus kemenangan "Iyyanshurkumullahu fala qhaliba lakum" (Bila Allah menolong kamu, maka tidak akan ada yg dapat mengalahkan kamu...)

SALAM

No comments:

Post a Comment