Tuesday, November 29, 2011

Kisah arti inisial “D” dalam onepiece (Will of the D.)

Di dalam dunia khayalan One Piece, beberapa karakter memiliki inisial tengah “D”. Misteri insial tengah ini disebut oleh beberapa karakter dalam One Piece sebagai  “Will of the D” atau “D’s will”

APA ITU “D”.?



Semangat yang diwarisi, kebesaran dalam peralihan waktu, dan mimpi-mimpi manusia. Inilah hal yang tak dapat dihentikan. Selama manusia mencari jawaban untuk kebebasan, ini takkan pernah berhenti!
One Piece, intro ke dua dan kata-kata yang terdengar di Loguetown.
Belum jelas apa arti dari inisial tengah itu, tetapi kesamaan di antara mereka menunjukan kesamaan terhadap keyakinan akan mimpi dan atau takdir. terlebih lagi, mereka terlihat mampu mengahadapi siksaan yang luar biasa di dalam pertarungan dan hanya akan menyerah apabila mereka tahu bahwa tidak ada jalan lagi untuk menghadapinya.
Di rubrik diskusi SBS, Oda ditanya apa kepanjangan dari ‘D’ dalam Monkey D. Luffy. Oda hanya menjawab untuk hanya membacanya sebagai huruf D untuk sekarang ini dan kebenaran ini akan terungkap seiring berjalannya waktu. Itulah pertama kalinya inisial ‘D’ Luffy diangkat ke permukaan, dan Isyarat pertama Oda akan misteri yang lebih besar.
Dalam storyline, dr. Kureha lah yang pertama kali menyebutkan “will of D” dan diungkapkannya pula bahwa nama asli dari Gold Roger (raja bajak laut) adalah Gol D. Roger.
Jadi masih ada… The will of D.
Dr. Kureha Membicarakan tentang Luffy dengan Dalton
Belakangan ini, Robin mencoba bertanya kepada Rayleigh mengenai apa sebenarnya The will of the D dan abad kekosongan (masa yang sangat dirahasiakan oleh World Goverment). Ketika Rayleigh belum menjawab apa kepanjangan dari D, ia mengungkapkan bahwa kelompok bajak laut Joly Roger (Gol D. Roger cs) telah mengungkap kejelasan dari abad kekosongan, tetapi saat dia menawarkan untuk menjelaskan kepada Robin, Robin memutuskan untuk mengungkapkan rahasia itu dengan tangannya sendiri.
KELUARGA
Satu pentunjuk mengenai mereka yang membawa inisial D ditinggalkan oleh Jaguar D. Saul yang secara jelas mengatakan walaupun ia tidak tahu arti dari inisial itu, dia mengatakan bahwa setiap keluarganya membawa nama itu.
Sejauh ini, sepertinya setiap ‘D’ berhubungan satu sama lain. Luffy memiliki kakek yang merupakan wakil admiral angkatan laut bernama panjang Monkey D. Garp. Luffy juga anak dari sang revolusioner Monkey D. Dragon. In addition, kakak angkat Luffy, Portgas D. Ace, telah diungkapkan memiliki hubungan darah dengan Gol D. Roger dan Portgas D. Rouge.
Sosok miterius dan yang sangat dibicarakan pasca ditahannya Ace ke Impel Down adalah Marshall. Ketika Blackbeard yang merupakan pemegang D dalam namanya berkelahi dengan Whitebeard, Whitebeard teringat dengan masa lalunya ketika ia berbincang dengan Gol D. Roger. Ternyata pada awalnya Whitebeard pun tidak mengetahui kejelasan dari D., akhirnya ia bertanya kepada Roger mengenai hal itu. Setelah mengtahui semuanya, ternyata Whitebeard berkata bahwa Marshall D. Teach “Blackbeard” bukanlah seseorang yang mewarisi will of D. dan Whitebeard menunjuk Luffy sebagai harapan will of D. di masa depan. Nama Marshall memang masih sangat misterius kejelasannya. Pendahulu-pendahulu nama Marshall itu pun tidak jelas kontrubusinya terhadap dunia. Maka kerpdibadian D. yanga da pada nama Marshall, khususnya Blackbeard, dirasa berbeda dengan will of D lain.
Nama keluarga yang diketahui
  • Monkey
  • Gol
  • Marshall
  • Jaguar
  • Portgas

Monkey D. Luffy   Monkey D. Dragon   Monkey D. Garp

Gol D. Roger   Portgas D. Rouge   Portgas D. Ace

Marshall D. Teach   Jaguar D. Saul
THE CONCEPT OF DEATH
Sebuah ciri khas yang unik dari ‘D’ adalah di dalam kematian. Mereka sering kali terlihat tersenyum lebar di saat-saat kematian mereka, seakan-akan mereka menerima saat tak mampu lagi untuk lolos dari kematian itu dan menunjukan ketidaktakutannya menghadapi kematian. Reaksi banyak karakter yang menjadi saksi semua itu sering kali terkejut atau tidak percaya karena sulit dibayangkan seseorang tidak merasa ketakutan akan kematian. Sejauh ini kejadian unik tersebut telah terlihat sekitar enam kali:
  • Monkey D. Luffy tertawa saat perahu pertamanya masuk ke dalam pusaran air
  • Gol D. Roger ternsenyum di saat eksekusinya
  • Smoker menyaskisan Monkey D. Luffy tersenyum dengan cara yang sama seperti Gol D. Roger saat Buggy hampir saja membunuhnya
  • Nico Robin juga menyaksikan Jaguar D. Saul tertawa dan tersenyum saat dibekukan oleh Aokiji
  • Portgas D. Rouge terlihat tersenyum saat menamakan anaknya Ace sesaat sebelum kematiaanya karena melahirkan
  • Ace tersenyum setelah berpamitan dan menyampaikan kata-kata terakhirnya kepada Luffy di Marineford.
Kejadian-kejadian yang memberikan ciri khas bagi pemegang-pemegan nama D. yanga da di One Piece. Namun begitu, pemegan nama D yang kontroversional, Marshall D. Teach, telah dikatakan bahwa dia bukanlah pewaris will of D oleh Wihtebeard. Marga D dalam Marshall seakan berbeda dengan marga D. dalam nama keluarga lain. Dilihat dari konsep kematiannya, bahkan Blackbeard saat hampir terbunuh oleh Whitebeard dia meminta ampun seperti maling yang tertangkap basah. Dia menjilat Whitebeard dengan memelas dan merendahkan dirinya, sungguh bukanlah D sejati yang notabene menerima limitasi dan mengahadapinya dengan senyuman, bukan dengan licik.

No comments:

Post a Comment