Monday, December 17, 2012

Penemuan fosil dinosaurus seperti burung unta

Penemuan fosil dinosaurus seperti burung unta telah ditemukan di tanah tandus wilayah Alberta bagian selatan, Kanada. Diperkirakan fosil ini telah ada sejak 75 juta tahun yang lalu. Fosil tersebut mengungkap spesies dinosaurus yang dikenal dengan nama ornithomimids.

Penemuan fosil itu pertama kali ditemukan oleh peneliti dari Royal Tyrrell Museum of Palaeontology dan University of Calgary. Berdasarkan studi terbaru, sayap ornithomimids digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis atau melindungi anaknya. Sebelumnya, ornithomimids dianggap tidak memiliki bulu. Akan tetapi, peneliti menemukan bukti bulu dengan kerangka ornithomimids muda dan dua fosil ornithomimids dewasa.
Fosil ini ditemukan di batu pasir dan merupakan spesimen dinosaurus berbulu pertama yang ditemukan di benua Amerika. Sampai saat ini, dinosaurus berbulu umumnya sering ditemukan di China dan Jerman.
Francois Therrien, petugas Royal Tyrrell Museum di Drumheller, Alberta mengatakan bahwa dinosaurus ini terlalu besar untuk dapat terbang di udara. “Fakta bahwa anggota tubuh seperti sayap digunakan untuk membantu reproduksi seperti mengerami telur,” ucap Francois.

No comments:

Post a Comment