Monday, December 17, 2012

Ilmuwan Identifikasi Monster Laut Purba Predator X

Ilmuwan telah berhasil melakukan identifikasi terhadap monster laut purba yang sebelumnya diberi nama predator x. Namun sekarang monster laut purba predator x telah diganti namanya menjadi Pliosaurus funkei.

Palaeontolog Espen Knutsen, Patrick Druckenmiller, dan Jørn Hurum yang telah memberikan nama resmi Pliosaurus funkei untuk monster laut purba itu. Ada dua spesimen Pliosaurus funkei yang digunakan sebagai dasar penelitian. Yang pertama diberi kode PMO 214,135, yang terdiri dari fosil fragmen rahang, beberapa tulang belakang bagian leher dan punggung, dan bagian dari sirip depan sebelah kanan.
Spesimen, kedua yang lebih besar diberi kode PMO 214,136. Ia mencakup potongan tulang belakang dan beberapa tulang terpisah yang belum teridentifikasi. Upaya untuk mengetahui ukuran Pliosaurus funkei dipersulit oleh fosilnya yang tak utuh dan jauh dari lengkap. Para paleontologi hanya mampu memperkirakan ukuran mahluk itu, dengan cara membandingkan spesimen yang mereka miliki dengan ukuran mahkluk pliosaurus lainnya.
Kedua spesimen itu diperkirakan memiliki panjang 50 kaki atau lebih dari 15 meter. Membuat pliosaurus sebagai makhluk terbesar yang pernah ditemukan. Para ahli Paleontolog memperkirakan tengkorak lengkap PMO 214,136 berukuran antara 6 hingga 8 kaki atau 1,8 hingga 2,4 meter. Memang besar, tapi setara dengan ukuran pliosaurus lainnya.

No comments:

Post a Comment