Monday, December 17, 2012

Penemuan spesies kukang terbaru ditemukan dikawasan Kalimantan


Penemuan spesies kukang terbaru ditemukan dikawasan Kalimantan. Penemuan spesies kukang terbaru di Kalimantan itu merupakan spesies N. kayan. Spesies kukang tersebut ditemukan oleh dua peneliti asing yang sedang meneliti pola wajah kukang di wilayah Kalimantan.
Penemuan Spesies Kukang Terbaru Di Kalimantan
Peneliti tersebut adalah Anna Nekaris dari Oxford Brooks University di Inggris dan Rachel Munds dari University of Missouri di Amerika. Dua peneliti tersebut awalnya meneliti spesies kukang Nycticebus menagensis. Dan dalam hasil penelitian itu diungkap bahwa spesies kukang Nycticebus menagensis memiliki 2 sub-spesies yaitu N. bancanus dan N. borneanus.
Spesies kukang memproduksi racun di kelenjar yang terletak di bagian siku. Kukang akan menjilat racun itu dan mencampurnya dengan ludahnya. Sewaktu-waktu terancam, kukang akan menggigit dan menyebarkan racun ke tubuh lawan. Kukang juga bisa melumuri bulu anakannya dengan racun untuk tujuan perlindungan. Meskipun beracun, kukang sering diburu oleh manusia untuk menjadi lahan bisnis perdagangan satwa liar.

No comments:

Post a Comment