Wednesday, March 27, 2019

MERAIH SURGA TANPA AMALAN ISTIMEWA

Satu hari Rasulullah sedang memberi tausiyah kpd sahabat2 dimasjid lalu tiba2 beliau berkata.. "Sebentar lagi akan datang seorang anshar calon penghuni surga.. ciri2nya jika ia berwudhu, airnya sampai membasahi jenggotnya.." kemudian Rasululllah melanjutkan tausiyahnya dan tiba2 berkata lagi hal yg sama.. lalu meneruskan lagi tausiyahnya.. lalu tiba2 bicara lagi hal yang sama, sampai 3 kali..

Adalah amr bin ash.. seorang sahabat yang akhirnya penasaran dengan pernyataan Rasulullah.. lalu ia memperhatikan setiap pengunjung yg datang dan melihat siapa yg berwudhu sampai membasahi jenggotnya..

Hingga ia melihat 1 org anshar yg wudhu sampai membasahi jenggotnya..

Setelah org itu sholat, amr bin ash diam2 mengikuti org itu sampai kerumahnya, lalu amr bin ash mengetuk pintu dan menyampaikan "Bolehkah ia tinggal bermalam selama 3 hari karena rumahnya sedang direnovasi" lalu org itu mempersilahkan..

Selama 3 hari amr bin ash tinggal, ia tidak melihat tanda2 org itu berilmu tinggi dan banyak beribadah.. apa yg dilakukan org itu biasa2 saja. Tidak ada yg istimewa..

Setelah 3 hari amr bin ash hendak pamit lalu bertanya "Wahai sahabat, satu hari Rasulullah mengingatkan bahwa engkau termasuk salah satu calon penghuni surga.. aku penasaran lalu aku mencari tau ttg kamu dengan cara tinggal disini.. tapi selama 3 hari ini aku mengamati, aku tidak melihat tanda2 engkau seorang ahli ibadah dan ahli ilmu.. Apakah gerangan amalanmu sehingga menurut Rasulullah engkau bisa menjadi salah seorang calon penghuni surga..?"

Orang itu juga bingung, dan berkata "Aku-pun tak tau amalan apa yg aku perbuat. Rasanya amalanku biasa2 saja.. Aku hanya menjalani hari2 dengan bekerja spt org kebanyakan.. tapi aku tidak pernah merasa iri dgn org lain, tidak pernah benci, dengki, dendam, hasad dan tidak pernah menggibah orang.. aku tak pernah usil dengan urusan orang lain.."

Seketika itu amr bin ash tersadar, bahwa ternyata seseorang bs mendapati surga tidak selalu dengan amalan2 yang rumit.. ternyata menghindari sifat2 buruk juga dapat membuat seseorang mendapati rahmat dan surga Allah.."

SALAM

No comments:

Post a Comment