Thursday, January 10, 2013

Dinosaurus Gunakan Gumpalan Berbulu Untuk Merayu Lawan Jenisnya


Dalam sebuah studi, baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa adanya gumpalan panjang pada dinosaurus. Namun  gumpalan matang tersebut hanya dijumpai pada dinosaurus dewasa secara seksual dan tidak ditemukan pada balita meskipun spesiesnya sama. Gumpalan tersebut berupa bulu-bulu yang untuk saat ini diduga adalah merupakan media yang digunakan para dinosaurus dewasa untuk merayu lawan jenisnya.
dinosaur1 Dinosaurus Gunakan Gumpalan Berbulu Untuk Merayu Lawan Jenisnya
Menurut para ilmuwan yang ikut meneliti, temuan ini juga dapat menjelaskan tentang asal-usul sayap berbulu serta penerbangan.
fossil dinosaur iridescent feathers illustration 49799 600x450 Dinosaurus Gunakan Gumpalan Berbulu Untuk Merayu Lawan Jenisnya
Seperti dikutip dari ABCNews, burung adalah keturunan hidup terakhir dari dinosaurus. Nenek moyang dinosaurus juga merupakan predator yang tampaknya ditutupi bulu juga yang digunakan sebagai penghangat kulit bagian dalam.
Karena dinosaurus muda tidak memiliki bulu panjang dianggota tubuh bagian depan mereka, para peneliti menyimpulkan bahwa bulu-bulu yang tumbuh pada sayap bukanlah faktor yang membuat dinosaurus muda dapat terbang. Melainkan karena bobot tubuh dinosaurus muda lebih ringan yang mudah diterbangkan.

No comments:

Post a Comment